JANGAN MARAH BRO!

Bismillahirrahmanirrahim

Diantara yang menjadi dampak dari apa yang terjadi akhir-akhir ini adalah hilangnya control emosi seseorang. Kuatnya sebuah argumen akan hidup membuat hati kita menjadi gelap. Ditambah lagi dengan tabir dunia maya yang membuat kita tidak bisa melihat siapa yang berkata. Orang-orang beramai-ramai mengembangkan ilmu dan mengeluarkan pendapat tanpa aturan dan ilmu yang cukup. Beberapa dengan bangga menjadi pasukan yang bersembunyi di balik keyboard. Entah untuk kebenaran atau hanya eksistensi. Atau mungkin sekedar iseng mengeluarkan isi kebun binatang di kolom komentar.

Maka akan sangat wajar ketika orang yang membacanya naik pitam, apalagi jika agama yang dihina. Tapi terkadang ini hanya masalah yang sebenarnya kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Keberpihakan  pada manusia atau suatu golongan membutakan mata dan membekukan hati. Entah yang dibelanya benar atau tidak, orang-orang marah dengan berdebat dan mencaci kembali. Padahal tidak seharusnya seperti itu, mencaci tidak membuat kita menjadi lebih baik. Apalagi dengan emosi.

Rasulullah Sallallah ‘Alaihi Wassalam bersabda :

“Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Ta’ala akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia.” [HR. Abu Daud]

Bukan manusia yang akan membanggakan kita, tapi Allah Azza wa Jalla. Sang pencipta yang tiada tandinganya. Maka ada baiknya menahan, apalagi jika masalah dunia. Tenang dan semoga kita dibanggakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s